Kutil yang tercipta pada jari tangan atau kaki bisa tingkatkan efek infeksi kuku serta jaringan sekelilingnya. Keadaan ini bahkan juga dapat menyebabkan kehancuran permanen pada kuku. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda kerjakan untuk hilangkan kutil membandel di jari tangan serta kaki.




Langkah hilangkan kutil di jari tangan serta kaki

Kutil periungual, atau kutil pada jari tangan serta kaki, umumnya ada pada beberapa anak serta remaja. Khususnya pada beberapa anak yang suka menggigit kukunya. Tonjolan kutil awalannya memiliki ukuran kecil, lalu makin bertambah besar serta terlihat menghitam.

Seperti type kutil biasanya, kutil periungual dikarenakan oleh human papilloma virus (HPV). Type kutil ini cukup susah untuk di hilangkan, tetapi penyembuhan semakin lebih efisien bila diawali sedini mungkin.

Berikut cara-cara untuk hilangkan kutil di jari tangan serta kaki:
1. Asam salisilat

Diketahui jadi cara paling efisien menangani kutil, asam salisilat kerja lewat cara terkelupas susunan kulit yang terinfeksi sampai semua kutil hilang. Senyawa ini menyebabkan skema imun badan untuk bikin susunan sel kulit baru yang sehat.

Asam salisilat kerja perlahan-lahan hingga sampai kutil betul-betul hilang. Itu penyebabnya, Anda mungkin perlu waktu sepanjang 12 minggu untuk penyembuhan. Produk ini mempunyai resikonya mengiritasi kulit, jadi berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum memakainya.
2. Suntikan antigen

Antigen ialah beberapa zat asing yang bisa mengakibatkan penyakit. Bila diberi dalam jumlahnya yang aman, antigen bisa merangsang reaksi skema kebal badan. Reaksi berikut yang selanjutnya dapat hilangkan kutil di jari tangan serta kaki.

Pertama kali, dokter butuh pastikan dulu jika badan Anda dapat membuat kebal pada antigen yang diberi. Kemudian, dokter akan menyuntikkan antigen berbentuk virus gondong atau jamur Candida dalam jumlahnya yang teratasi.
3. Cryotherapy

Cryotherapy ialah cara hilangkan kutil memakai nitrogen cair bersuhu minus 17,7 derajat Celsius. Suhu dingin akan membunuh HPV sekaligus juga mematikan jaringan kulit yang membuat kutil.

Cara ini mempunyai tingkat kesuksesan sebesar 50-70 % serta ampuh buat Anda yang ingin hilangkan kutil secara cepat. Namun, Anda mungkin butuh kembali lakukan cryotherapy sekitar 3-4 kali sampai kutil betul-betul hilang.
4. Therapy laser

Therapy laser dipakai bila beberapa langkah awalnya tidak dapat hilangkan kutil di jari tangan serta kaki. Cahaya laser akan membakar jaringan kutil, tetapi dokter dapat juga memberikan tambahan bahan kimia seperti aminolevulinic acid untuk percepat prosedurnya.

Therapy ini bisa memunculkan rasa ngilu sepanjang beberapa waktu. Ini ialah reaksi yang lumrah. Tetapi, selekasnya datangi dokter bila Anda alami pertanda infeksi seperti demam tinggi, rasa ngilu makin bertambah kronis, dan keluarnya nanah dari sisa kutil.
5. Operasi

Operasi umumnya dikerjakan jika kutil sudah mengakibatkan komplikasi, contohnya kehancuran pada kuku. Pertama, dokter akan terkelupas atau memangkas jaringan kutil. Selanjutnya, cedera sisa operasi ditutup dengan panas dari mesin kauter.

Tingkat kesuksesan operasi sekitar di antara 65-85 %. Ada peluang kutil ada kembali sesudah operasi, tetapi langkah berikut benar-benar efisien untuk menahan komplikasi makin bertambah kronis.

Kutil periungual adalah permasalahan kulit yang susah sembuh. Apapun langkah yang Anda pakai untuk hilangkan kutil, tonjolan ini bisa jadi ada kembali di tangan serta kaki.

Meskipun begitu, Anda bisa menahan timbulnya kutil dengan cara-cara. Salah satunya rajin membersihkan tangan, tidak menggigiti kuku, tidak pinjam-meminjam pemotong kuku, serta memakai sarung tangan waktu harus terkena air dalam tempo lama.

Posting Komentar

0 Komentar