6 Tanda-tanda Batu Empedu yang Harus Anda Cermati Semenjak Awal

Batu empedu ialah batuan yang tercipta dari lemak, cholesterol, serta cairan buangan yang lain yang mengeras di kantung empedu. Apa tanda-tanda batu empedu yang perlu dicermati?
Pemicu terbentuknya batu empedu

Batu empedu tercipta dari zat serta mengeras di kantung empedu. Empedu adalah organ kecil yang terhubung dengan hati, terletak di perut kanan atas. Kantung empedu adalah organ yang terhitung dalam skema pencernaan manusia.

Di empedu, ada cairan coklat kekuningan yang di produksi oleh hati. Peranan cairan ini dipakai untuk merusak serta mengolah makanan berlemak serta cholesterol sebelum diolah oleh usus kecil.

Jika cairan di kantong empedu habis atau kurang, karena itu cholesterol serta lemak yang tidak sudah sempat diolah oleh empedu akan membuat zat padat seperti batuan.
Beberapa tanda-tanda batu empedu yang mungkin Anda alami

Menurut Jordan Knowlton, perawat pakar dari University of Florida Health Shands Hospital, batu empedu tercipta dari gabungan garam empedu, cholesterol serta bilirubin.

Sebelumnya batu tercipta kecil serta dikit hingga peluang tidak menimbulkan tanda-tanda bermakna. Tetapi, batu empedu baru menimbulkan beberapa tanda-tanda tidak mengenakkan bila dibiarkan terus jadi membesar.
1. Terlihat batuan di kantung empedu

Tanda-tanda yang paling umum dari keadaan ini tentu saja ialah batu yang diketemukan dalam kantong empedu. Kehadiran batu dalam empedu dapat dicheck dokter dengan ultrasound atau CT scan.

Berikut type batu yang dapat ada di empedu Anda:

Batu cholesterol: Batu type ini paling umum serta disebabkan oleh cholesterol tinggi. Batu cholesterol akan berwarna kekuningan saat dikeluarkan. Batu empedu ini seringkali diketemukan pada wanita dengan berat tubuh berlebihan.
Batu empedu pigmen: Batu empedu ini berwarna hitam atau kecokelatan disebabkan karena penimbunan pigmen dari kalsium murni bilirubin. Permasalahan kesehatan seperti kehancuran hati serta kelainan darah tersendiri bisa mengakibatkan hati Anda menghasilkan bilirubin kebanyakan. Batu yang terbuat dari pigmen bilirubin seringkali menutup serta diketemukan pada empedu yang telah terinfeksi.

2. Ngilu di perut kanan atas

Tanda-tanda batu empedu yang paling umum serta dapat dirasa ialah ngilu di perut kanan atas. Tanda-tanda ini seringkali disebutkan kolik bilier.

Makin banyak serta besar batu empedu yang tercipta di kantong empedu, semakin beresiko mengakibatkan aliran empedu terhalang. Sumbatan batu bisa menyebaban cairan empedu tidak mengalir lancar sampai usus kecil. Ini jelas akan menghalangi langkah kerja empedu.

Nah, satu diantara efek dari terdapatnya sumbatan pada kantung atau aliran empedu ialah rasa ngilu di perut kanan atas, pas di tempat empedu. Sakit perut ciri khas tanda-tanda batu empedu seringkali ada saat malam hari. Khususnya bila sebelum tidur Anda makan dalam bagian besar.

Tanda-tanda sakit kolik bilier umumnya berjalan sepanjang 30 menit sampai satu jam. Tetapi, ngilu bisa bersambung beberapa saat sesudahnya dengan intensif yang lebih mudah. Sakit perut karena batu empedu dapat juga bersambung berasa selama masih tidur.

Sakit perut sinyal batu empedu dapat juga berasa di perut samping kiri. Tanda-tanda ini berlangsung saat batu empedu telah tiba menghambat jalan ke arah pankreas. Pankreas berperan membuat cairan yang kelak skema pencernaan pakai untuk mengolah makanan.
3. Mual serta muntah

Terdapatnya batu bisa mengakibatkan peradangan mudah pada empedu. Pada masalah peradangan akut, kantong empedu beresiko memunculkan jaringan parut serta kaku. Dampaknya dapat mengakibatkan muntah, perut berasa mual, kembung sesudah makan, serta diare akut.

Tanda-tanda mual serta muntah waktu didiagnosis batu empedu biasanya seringkali berlangsung pada keadaan pankreatitis (radang pankreas).
Sinyal batu empedu sudah memunculkan komplikasi

Terdapatnya sumbatan sebab batu empedu bisa mengakibatkan komplikasi yang disebutkan pankreatitis batu empedu. Gejalanya seperti dengan infeksi kantung empedu (kolesistitis) yang karena disebabkan sumbatan batu. Tanda-tanda batu empedu yang sampai telah komplikasi mencakup:
Demam

Demam ialah tanda-tanda dari batu empedu yang telah menginfeksi kantung empedu (kolesistitis) atau aliran empedu (kolangitis).

Demam dapat juga berlangsung jika empedu pecah, ada gangren (jaringan mati), atau sampa ada infeksi pada saluran darah (sepsis).

Saat batu empedu memunculkan sumbatan besar sampai mengganggu saluran enzim pankreas, enzim pankreas dapat mengalir balik ke pankreas. Ini seterusnya bisa memunculkan peradangan pada pankreas (pankreatitis) yang dapat memunculkan demam.
Sakit kuning (jaundice)

Anda dapat alami penyakit kuning bila batu empedu sampai menghambat saluran bilirubin (ikterus obstruktif).

danya batu empedu yang menumpuk dapat membuat bilirubin (hasil pecahan sel darah merah dari organ hati) mengalir balik ke darah serta menumpuk disana. Harusnya bilirubin masuk ke skema pencernaan.

Akhirnya, bilirubin yang terikut oleh darah ke semua badan akan mengakibatkan sisi putih mata, kulit, serta kuku berwarna kuning.

Tanda-tanda batu empedu karena kelebihan bilirubin dapat membuat warna urin atau kencing Anda beralih warna jadi kuning keruh.
Tubuh gatal-gatal (pruritus)

Tubuh gatal-gatal (pruritus) ialah tanda-tanda lain dari penyakit batu empedu. Pruritus dapat berlangsung sebab peradangan akut di kandung empedu serta hati. Rasa gatal yang Anda alami dikarenakan oleh zat di badan, dikatakan sebagai rangsangan pruritogen.

Satu diantara pemicu munculnya batu empedu ialah kelebihan zat bilirubin yang mengeras. zat bilirubin tersebut terhitung jadi zat pruritogen. Pruritogen ialah zat alami pada tubuh yang menyebabkan rasa gatal. Saraf di otak akan memberi respon kerja zat pruritogen dengan membuahkan rasa gatal.



Bilirubin umumnya dibuang melalui feses serta tersisa yang lain melalui urin. Jika kandungan bilirubin dalam hati kebanyakan sampai mengakibatkan terbentunya batu di empedu, pigmen kuning dari bilirubin akan terikut oleh darah serta disimpan dibawah kulit. Hasilnya tubuh jadi gatal jadi proses dari tanda-tanda terdapatnya batu pada empedu.
Selekasnya ke dokter bila alami tanda-tanda batu empedu

Munculnya serta keparahan tanda-tanda batu empedu dapat berlainan untuk tiap orang. Sebagian orang dapat rasakan tanda-tanda di atas sepanjang beberapa bulan atau bahkan juga sekian tahun. Tetapi, ada pula orang yang cuma rasakan tanda-tanda batu empedu ada sekali atau 2x dalam satu tahun.

Karena itu penting untuk selekasnya kontrol ke dokter jika Anda mulai rasakan tanda-tanda tersendiri yang ke arah pada batu empedu. Selekasnya ke dokter jika Anda rasakan sakit perut kanan atas yang tidak tertahankan, mual serta muntah hebat, apabila Anda alami beberapa gejala lain yang ke arah pada komplikasi batu empedu.

Kontrol serta perawatan awal batu empedu bisa menahan efek komplikasi seperti radang pankreas (pankreatitis). Diluar itu, ada pula efek kanker kantong empedu walau termasuk benar-benar jarang ada. Tetapi, efek Anda pada kanker akan bertambah jika ada kehancuran pada kantong serta aliran empedu.

Posting Komentar

0 Komentar