Pekerja kantor biasanya habiskan sejumlah besar saatnya dengan duduk memandang monitor computer. Walau kelihatan enjoy, sepanjang hari duduk diam dapat memunculkan permasalahan kesehatan. Walau sebenarnya, orang kantoran selalu harus bugar dan sehat supaya bisa kerja secara baik. Baca panduan masih sehat walau sepanjang hari duduk di kantor di bawah ini.

Aktif bergerak adalah sisi pola hidup sehat. Sayangnya, sejumlah besar pekerja kantor habiskan saatnya dengan duduk diam dibalik meja kantor.

Walau sebenarnya, duduk kelamaan dapat tingkatkan efek beberapa permasalahan kesehatan, dari mulai ambeien, ngilu otot leher, ngilu punggung serta pinggang, serta obesitas (kegemukan).

Lalu, apa yang butuh dikerjakan beberapa pekerja kantoran agar terlepas dari permasalahan kesehatan itu? Tentunya dengan menyiasati badan supaya masih bergerak aktif.
1. Kerjakan pengenduran simpel

Sumber: Vortala (Gambar leg extension)

Duduk sepanjang hari bukan bermakna Anda tidak dapat bergerak aktif. Sebetulnya, Anda dapat meluangkan diri untuk lakukan pengenduran simpel bahkan juga sekalian duduk.

Pergerakan pengenduran dapat menolong kurangi desakan, depresi, sekaligus juga kemelut pada otot badan, hingga Anda terlepas dari ngilu otot.

Di bawah ini beberapa referensi pergerakan pengenduran yang dapat Anda kerjakan di kantor supaya masih sehat.
Leg extension

Duduklah tegak di bangku Anda. Selanjutnya angkat satu kaki lurus ke depan. Tahan dalam tiga hitungan serta ulangilah untuk kaki yang satunya. Kerjakan sekitar 3 set dengan 10 kali perulangan di tiap kaki.
Arm circles

Tetaplah duduk dalam tempat tegak. Rentangkan tangan ke samping, membuat huruf T. Putar bahu Anda ke depan sekitar 20 kali putaran serta ke belakang dengan jumlahnya yang sama. Ulangilah pergerakan sekitar 2 sampai 3 kali untuk menahan sakit leher. Dengan demikian Anda akan fit serta sehat sepanjang di kantor.
Seated press up

Kerjakan pengenduran ini di bangku yang tidak beroda supaya lebih aman. Duduk tegak dengan telapak kaki melekat di lantai. Tempatkan tangan di samping badan sentuh pegangan.

Dengan menumpu pada tangan serta kaki, angkatlah badan Anda hingga pantat Anda dikit melayang-layang di atas kursi. Tahan badan Anda di atas sekitar 3 hitungan, lalu kembali tempatkan pantat Anda ke bangku. Kerjakan sekitar 10 kali perulangan.
2. Pilih minum gunakan cangkir

type air minum, air putih, air suling, purified water, distilled water

Supaya masih sehat sekalinya cuma duduk sepanjang hari di kantor, pilih untuk minum di cangkir atau gelas daripada di botol. Kenapa?

Memakai botol minum memang mempermudah Anda untuk minum semakin banyak. Sayangnya, ini dapat juga hilangkan peluang Anda untuk aktif bergerak.

Memakai cangkir atau gelas sangat mungkin Anda bangun, berdiri, serta berjalan dari tempat duduk Anda untuk isi cangkir kembali dengan air putih. Walau kelihatan remeh, aksi ini dapat membuat badan Anda masih aktif bergerak meskipun pekerjaan Anda dihabiskan dengan beberapa duduk.
3. Bawa serta bekal tetapi jangan makan di meja kerja

bekal anak

Langkah seterusnya supaya masih sehat di kantor ialah bawa serta bekal dari rumah. Bekal bikinan rumah lebih terjamin kebersihan serta nutrisinya dibanding membelinya di tepi jalan.

Tetapi, supaya bertambah sehat, semestinya Anda tidak makan di atas meja kerja. Pilih makan di luar ruang kantor, yang sangat mungkin badan Anda bergerak serta membakar kalori.

Tidak hanya tidak mengotori meja, makan di lain tempat menahan konsentrasi waktu makan teralihkan pada pekerjaan. Dengan demikian, Anda dapat makan dengan tenang, tak perlu memeriksa pekerjaan ini serta itu.
4. Lihat sikap duduk, letak keyboard, serta monitor computer Anda

postur badan baik

Sikap duduk, letak keyboard, serta monitor computer yang salah dapat mengakibatkan permasalahan otot serta postur badan yang jelek. Jadi, supaya masih sehat, postur badan waktu duduk di kantor harus juga dilihat.

Jangan duduk dengan badan cenderung ke depan, belakang, atau ke samping.

Supaya Anda bisa duduk tegak dengan nyaman, posisikan keyboard, monitor, serta mouse Anda di tempat yang pas. Yakinkan monitor tidak jauh agar pandangan Anda masih nyaman tanpa ada butuh menyipitkan mata saat memandang monitor.

Tempatkan mouse pada ruang yang gampang dicapai tangan. Letakkan keyboard senyaman mungkin dengan tangan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar