Anda habiskan hampir 1/2 hari ada dalam tempat kerja. Hari-hari Anda juga dipenuhi dengan aktivitas yang tidak ada habisnya. Ke-2 ini jadi masalah buat beberapa orang untuk jaga konsumsi makanan serta berat badannya.


Tetapi, Anda sekarang bisa berusaha jaga berat tubuh baik dengan mengaplikasikan panduan tersebut:
1. Bawa bekal

Penyebab kenaikan berat tubuh di kantor bisa datang dari makan siang, cemilan, serta sajian yang Anda mengonsumsi pada perayaan di kantor.

Bawa bekal akan menolong Anda memonitor konsumsi makanan yang Anda mengonsumsi tiap hari.

Supaya faedahnya lebih berasa, jangan batasi bekal Anda cuma untuk makan siang. Sediakan juga cemilan sehat untuk mengganjal perut pada saat-saat tersendiri, contohnya jam 10 pagi sesudah sarapan atau pada sore hari.

Dengan demikian, Anda tidak begitu tertarik untuk terus-terusan ngemil yang tidak sehat.
2. Mempersiapkan cemilan sehat

Beberapa kantor menyiapkan cemilan gratis yang dapat diambil setiap saat. Meskipun lezat, cemilan itu umumnya tinggi gula, tinggi lemak jemu, serta keseluruhannya, tidak sehatkan.

Cemilan semacam ini memberi kalori tambahan tetapi tidak padat nutrisi.

Untuk menahan berat tubuh naik di kantor, bekali diri Anda dengan pilihan cemilan yang lebih sehat. Merujuk pada American Heart Association, pilihan cemilan yang dianjurkan diantaranya:

Buah-buahan fresh atau buah-buahan kering tanpa ada gula penambahan
Sayuran fresh seperti paprika, wortel, brokoli, tomat ceri, edamame, serta timun Jepang
Cracker, roti, serta produk yang lain yang datang dari gandum utuh
Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kenari, serta pistachio
Yogurt rendah lemak atau bebas lemak
Popcorn rendah garam
Keju rendah lemak atau bebas lemak

3. Tidak kerja waktu makan siang

Rutinitas multitasking nyatanya bisa jadi pemicu berat tubuh naik di kantor. Saat makan siang, coba untuk konsentrasi pada makanan Anda. Jauhi lakukan pekerjaan lain seperti kerja di muka computer atau mengecek hp.

Bila konsentrasi terpecah, otak tidak dapat konsentrasi pada apa yang Anda makan. Ini membuat Anda cepat merasakan lapar sesudah makan siang. Pada akhirnya, Anda seringkali makan cemilan pada jam-jam tersendiri sesudah makan siang.
4. Tidak melampiaskan depresi dengan makan

Beban pekerjaan salah satu sumber penting depresi. Tidak dapat disangkal, banyak pekerja kantoran yang melampiaskan stresnya dengan makan sekalian kerja.

Rutinitas itu mungkin menurunkan depresi, tetapi berikut yang membuat berat tubuh Anda naik di kantor.

Bila Anda makan untuk menurunkan depresi, Anda selalu mengerjakannya. Untuk menahan kenaikan berat tubuh, lakukan pekerjaan lain untuk menurunkan depresi Anda.

Contohnya lakukan tehnik pernafasan, berjalan kaki, serta mengobrol sesaat.
5. Masih aktif bergerak

Kerja 8 jam satu hari tidak jadi penghambat untuk aktif bergerak. Anda dapat lakukan beberapa gerakan simpel pada saat tersendiri.

Salah satunya waktu pergi, pada pukul istirahat, atau tiap beberapa saat sekali ditengah-tengah waktu kerja. Berikut beberapa panduan supaya Anda masih aktif bergerak untuk menahan berat tubuh naik di kantor:

Berjalan kaki, naik kendaraan umum, atau bersepeda ke kantor jika sangat mungkin.
Berdiri serta berjalan setiap saat mengusung telephone.
Bawa bola fitness atau dumbbell. Pakai pada jam-jam senggang.
Kencangkan otot dada serta perut sepanjang 10 detik waktu duduk. Ulangilah sekitar 10 kali, kerjakan paling tidak 3 kali dalam satu hari.
Meluruskan kaki kanan sampai sejajar dengan pinggul sepanjang 10-15 menit. Ulangilah dengan kaki kiri.
Berjinjit sepanjang beberapa menit sekalian berpegangan pada bangku.

Banyak yang tidak sadar jika kenaikan berat tubuh dapat dikarenakan oleh rutinitas kantor. Jarang-jarang bergerak, konsumsi makanan tidak sehat ialah dua aspek terpentingnya.

Rutinitas ini lambat-laun bisa menyebabkan permasalahan kesehatan, khususnya pada jantung serta skema peredaran darah. Melakukan perbaikan rutinitas di kantor bukan sekedar berguna untuk jaga berat tubuh, dan juga membuat perlindungan Anda dari efek penyakit itu.

Posting Komentar

0 Komentar