Ikuti 5 Tips Ampuh Merawat Kaos Sablon Polyfex


Setiap orang tentu saja memiliki selera yang berbeda dalam membeli baju berbahan kaos. Ada yang suka dengan desain yang  polos, dan ada juga yang lebih suka dengan desain bergambar. Kaos dengan desain bergambar umunya terbuat dari cetakan sablon. Dengan begitu, tak jarang jika banyak yang jual polyfex sebagai bahan pembuat sablon.

Polyfex merupakan sablon digital yang menggunakan bahan Vinyl atau sejenis stiker yang kemudian dicetak pada kaos atau jenis baju lainnya. Sablon jenis ini banyak digunakan pada pakaina berbahan kaos bahkan untuk baju bayi sekalipun. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan umumnya tergolong aman karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya.
Sebagus apapun bahan kaos maupun sablon yang digunakan, tetap saja Anda harus bisa melakukan perawatannya secara tepat. Jika Anda terlalu cuek dengan kaos sablon yang dimiliki, maka tak menutup kemungkinan Anda harus membeli kaos secara berulang-ulang yang mana akan membuat dompet jebol seketika. Sayang, kan, jika Anda harus mengeluarkan uang hanya untuk membeli beberapa kaos.
Merawat Kaos Sablon
Untuk itu, agar kaos sablon Anda tidak mudah rusak, simak beberapa tips merawatnya berikut ini.
  1. Tidak mencucinya dengan mesin cuci
Cara perawatan pertama yang harus Anda lakukan yaitu tidak mencucinya menggunakan mesin cuci. Mesin cuci hanya akan membuat kaos Anda menjadi cepat melar dan cetakan sablon polyfex cepat rusak. Hal ini diakibatkan karena kaos akan mengalami tarik ulur dan juga gesekan dengan pakaian lain saat mesin cuci berputar.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan saja tangan saat mencuci baju kaos sablon. Meskipun sedikit melelahkan, baju kaos sablon Anda akan selamat dari kerusakan.

  1. Tidak merendam kaos terlalu lama
Merendam kaos sablon terlalu lama hanya akan membuat warnanya pudar dan kaos menjadi mudah melar. Oleh karena itu, rendamlah seperlunya saja tidak lebih dari 30 menit.

Selain itu, pilih juga detergent khusus kaos sablon agar warna dan juga bahan kaosnya tidak cepat rusak. Anda pasti tidak ingin repot-repot, kan, mencari tukang jual polyfex untuk mencetak ulang desain gambar pada kaos kesayangan Anda tersebut.

  1. Tidak menyikatnya terlalu kencang
Jika ada kotoran membandel pada kaos sablon Anda, janganlah menguceknya bahkan menyikatnya teralu kencang. Permukaan sikat yang kasar akan membuat gambar sablon menjadi hancur sehingga kaos Anda tidak akan sebagus seperti pada saat awal membelinya.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggosok kaos sablon secara perlahan saja agar tidak merusak serat-serat kain serta cetakan sablonnya.

  1. Memperhatikan cara menyetrika
Selain proses mencuci, Anda juga harus memperhatikan proses menyetrikanya. Pastikan kondisi setrika tidak terlalu panas saat akan digunakan untuk menyetrika kaos sablon. Kaos sablon akan mudah luntur jika terkena sesuaty yang manas, bahkan catnya bisa menempel pada permukaan setrika. Selain itu, kaosnya pun akan menjadi melar yang mana baju tersebut menjadi tidak layak pakai.

  1. Menggunakan kaos tersebut di hari-hari tertentu saja
Kaos yang digunakan secara berulang-ulag bahkan sering tentu saja membutuhkan pencucian secara berkali-kali pula. Oleh karena itu, jika Anda ingin kaos sablon tetap awet, gunakanlah kaos tersebut di hari-hari tertentu saja. Misalnya, pada saat main ke mall, reuni, olahraga, dan lain sebagainya.
Itulah beberapa tips merawat kaos sablon yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin membuat kaos sablon desain sendiri, Anda bisa mencari tukang jual polyfex di online shop maupun toko offline terdekat.

Posting Komentar

0 Komentar