Harga Service AC Mobil Berdasarkan Komponen yang Rusak


AC yang digunakan pada daerah yang panas dan sering mengalami kemacetan akan lebih mudah mengalami kerusakan dibandingkan dengan mobil yang digunakan pada kondisi yang sejuk. Hal ini dikarenakan AC akan bekerja ekstra jika udara di dalam mobil panas. Belum lagi ditambah dengan banyaknya debu yang dapat menyumbat sistem AC. Sehingga menyebabkan kerusakan yang paling sering terjadi yaitu AC mobil tidak dingin.

Jika AC sudah menunjukan tanda-tanda tidak dingin lagi itu berarti ada kerusakan pada komponen AC yang harus segera diperbaiki. Jika tidak, bukan hanya ketidaknyamanan pada penumpang kendaraan namun juga akan berpengaruh pada mesin karena kondisi mobil terlalu panas. Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan jika AC mobil menjadi tidak dingin? Jawabannya adalah tergantung bagian apa yang mengalami kerusakan.

Tipe Service

Tipe service AC sebenarnya ada dua jenis. Yaitu basic service dan advance service. Untuk basic service dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak 10.000 sampai 20.000 km atau sekitar satu tahun. Jika Anda tinggal di kota, seharusnya pada jarak 10.000 sudah harus melakukan service AC. Karena tingkat kemacetan dan polusi di kota tinggi. Berbeda dengan polusi yang ada di desa.

Jika di desa, Anda dapat melakukan service rutin setelah mobil menempuh jarak 20.000 km. Hal ini karena perbedaan kinerja AC. Suhu dan polusi di pedesaan masih rendah, sehingga kinerja AC mobil tidak seberat saat berada di perkotaan. 

Saat basic service, biasanya perawatan akan difokuskan pada kompresor. Seperti mengganti oli yang dan membersihkan kotoran yang menempel. Kotoran dapat menghambat bahkan menyumbat kinerja sistem AC. Selain itu, pada basic service merupakan kesempatan untuk mengganti Receiver Dryer dan Filter Kabin. Kedua komponen ini tidak bisa diperbaiki karena sifatnya yang memang hanya sekali pakai.

Jenis service yang kedua adalah advance service yang biasa dilakukan setelah dua tahun. Komponen yang diservis kali ini lebih banyak jika dibandingkan dengan basic service. Bagian yang mendapatkan perawatan adalah kompresor, evaporator, dan kondensor. selain itu juga ada penggantian pada expansi valve, receiver dryer, dan filter kabin. Perawatannya bisa sampai 4 jam karena banyak yang harus diperbaiki.

Harga Service AC Mobil

Untuk harga service AC, harga yang dipatok untuk mobil buatan Jepang dan mobil buatan Eropa berbeda. Harga service untuk mobil buatan Jepang jauh lebih murah. Anda bisa mengeluarkan dana sekitar Rp300.000 untuk service AC. Sedangkan jika mobil Anda adalah buatan Eropa, Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp.1.200.000,00 sampai Rp.2.000.000,00.

  1. Isi Freon
Untuk isi ulang freon dikenakan harga Rp.200.000,00. Biasanya isi ulang freon akan berkaitan dengan service yang lain. Karena jika freon habis, sudah bisa dipastikan bahwa terjadi kebocoran pada salah satu atau beberapa komponen AC. Selain pengisian freon, biasanya paket service juga sekalian dengan perawatan evaporator, pembersihan blower dan kondensor.

  1. Penggantian oli
Oli berfungsi untuk mencegah pengikisan, memudahkan kinerja, dan menjaga mesin dari kerusakan. Oli yang sudah kotor dan kental tidak mampu melumasi piston. Sehingga piston menjadi panas dan kompresor tidak bekerja secara maksimal. Perawatan dengan sistem flushing terhadap kompresor menggunakan mesin lax akan dikenakan biaya sebesar Rp.700.000,00.


  1. Penggantian magnetic clutch
Jika Anda sering panas dingin biasanya bagian inilah yang kemudian akan diganti. Komponen ini tidak dapat diperbaiki sehingga Anda harus mengganti dengan yang baru. Estimasi dan yang harus Anda keluarkan adalah  Rp.380.000,00.

  1. Pergantian spare part
Biasanya saat AC mengalami kerusakan, spare part yang harus diganti tidak jauh dari seal, thrust bearing, soe, dan shaft seal. Nah jika noken as, piston, dan silinder tidak mengalami kerusakan, maka biaya yang harus Anda keluarkan untuk service AC mobil adalah sekitar Rp.475.000,00.
  1. Kondensor
Perawatan kondensor cukup di semprot. Namun jika mampet memang harus dikuras dengan biaya Rp.175.000,00. Sedangkan jika mengganti kondensor dengan yang baru dikenakan biaya mulai dari Rp.500.000,00
  1. Receiver Dryer dan Expansi Valve
Kedua komponen ini tidak dapat diperbaiki sehingga harus diganti dengan yang baru. Harganya untuk Receiver Dryer dipatok mulai dari Rp.90.000,00. Sedangkan untuk Expansi Valve dipatok harga mulai dari Rp.200.000,00
  1. Fan Belt dan Extra Fan
Kedua komponen ini juga tidak dapat diubah. Fan Belt biasanya harganya mulai dari Rp.40.000,00 sedangkan extra fan paling murah ada Rp.300.000,00. Tinggal pilih yang cocok dengan jenis mobil.
  1. Evaporator
Jika evaporator bocor, lebih baik diganti dengan yang baru. Harganya mulai dari Rp.800.000,00 sampai Rp.900.000,00. Berbeda tergantung dengan jenis mobil yang Anda gunakan.
Demikian estimasi service untuk AC mobil tidak dingin. Untuk lebih lengkapnya silahkan menonton video berikut ini.




Posting Komentar

0 Komentar