Delapan Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Selamanya

Bulu ketiak yang lebat bisa menjadi hal yang tidak disukai oleh banyak orang, karena memang bisa mengganggu aktivitas dan sosialisasi sehari-hari yang dilakukan. Utamanya lagi untuk kaum hawa.

Dimana kondisi bulu ketiak yang lebat menjadi hal yang dianggap memalukan, yang akhirnya dapat menghilangkan rasa kepercayaan diri.

Bulu ketiak yang tumbuh lebat juga memberikan konsekuensi buruk lainnya, seperti munculnya masalah bau badan yang berasal dari ketiak.

Bulu ketiak ini umumnya mulai tumbuh ketika seseorang mulai memasuki masa pubertas, kemudian masa utama pertumbuh bulu berakhir saat umur sekitar 20 tahun.

Cara menghilangkan bulu ketiak selamanya:

#1. Menggunakan krim perontok
Krim khusus ini bisa membuat bulu ketiak tak tumbuh lagi. Jika biasanya setelah dicukur bulu ketiak akan tumbuh lagi, berbeda halnya apabila menggunakan krim perontok.

Meskipun jenis krim ini sangat ampuh, namun Anda harus berhati-hati karena penggunaan obat-obat tertentu dapat menimbulkan efek samping, yang sering terjadi adalah iritasi pada kulit dan masalah lainnya.

Dikutip dari laman Alodokter.com, bahwa sebelum mengoleskan krim, jangan lupa untuk membersihkan ketiak dan keringkan menggunakan handuk.

Penting secara cermat mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan krim. Gunakan seperlunya dan diamkan sesuai dengan waktu yang dianjurkan (sesuai penjelasan di kemasan).

Perhatikan pula bahwa ketiak merupakan daerah sensitif. Untuk itu, disarankan memilih krim khusus untuk kulit sensitif.

Memakai krim dengan bahan yang terlalu keras dapat menimbulkan ruam di kulit. Krim ini memang dimaksudkan untuk menghilangkan rambut, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi rusak. Termasuk juga kesalahan ketika mendiamkan krim terlalu lama menempel di kulit.

#2. Dengan treatment ZAP
Ini adalah perawatan dengan bantuan teknologi masa kini, yang berbentuk cahaya yang dapat merontokkan bulu ketiak dan menghentikan pertumbuhan akarnya bulu ketiak, sehingga nantinya tidak dapat tumbuh kembali. Artinya bulu ketiak hilang secara permanen.

Yang mungkin banyak membuat orang bertanya-tanya adalah tentang keamanannya, bahwa teknologi penyinaran model ZAP ini sudah teruji dan hasilnya cukup aman, dimana cahaya yang dipancarkan tidak dibuat meresap ke dalam lapisan kulit…

...akan tetapi cahaya tersebut hanya diserap oleh bulu hingga ke akarnya, kemudian juga tidak menimbulkan rasa nyeri di kulit ketiak, tentunya praktek ini hanya diperbolehkan untuk para ahlinya.

Treatment ZAP dapat menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Menggunakan teknologi penyinaran, bukan berarti treatment ZAP ini menggunakan laser. Teknologi penyinaran yang digunakan ini lebih aman karena cahaya yang dipancarkan tidak meresap ke dalam lapisan kulit.


#3. Menggunakan Laser
Laser cukup efektif dan cepat menghilangkan bulu ketiak. Namun laser terkenal dengan biayanya yang mahal. Penggunaan laser ini membuat bulu ketiak hilang secara permanen.

Hal ini karena laser memiliki fungsi untuk mematikan sel-sel pertumbuhan rambut di ketiak. Melakukan terapi laser pada bulu ketiak harus dilakukan oleh dokter atau tenaga ahlinya.

Dengan penggunaan laser, akar rambut dihancurkan sehingga pertumbuhan rambut dihambat higga bisa dihentikan. Namun dibutuhkan 6-12 kali perawatan untuk mendapatkan hasil optimal.

Perlu diingat, prosedur penghilang bulu ketiak menggunakan laser memiliki risiko efek samping, yaitu kulit kemerahan, bengkak, terbakar, atau munculnya jaringan parut. Untuk itu, hanya tenaga ahli yang boleh melakukan terapi ini.

Selain itu, tunggu setidaknya dua jam setelah terapi laser ini selesai, baru boleh mengoleskan deodorant ke ketiak. Hal ini agar kulit ketiak memiliki cukup waktu untuk pulih, serta agar terhindar dari iritasi dan ruam.

Jangan lupa untuk segera menemui dokter apabila muncul tanda-tanda iritasi (setelah proses terapi laser).

#4. Menggunakan Pepaya
Pepaya memiliki manfaat yang cukup terkenal yaitu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Selain itu, bisa digunakan sebagai bahan alami untuk meghilangkan rambut pada ketiak.

Pepaya memiliki kandungan papain yang berfungsi mencegah pertumbuhan rambut dan juga mematahkan folikel rambut.

Untuk membuat ramuan, berikut bahan yang disiapkan:
  • 1 Buah pepaya yang belum matang
  • 4 sdm gel lidah buaya
  • 1/4 sdt tepung terigu
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • 2 sdm minyak sawi
  • 2 tetes minyak atsiri atau lavender

Cara membuatnya:
  1. Campurkan semua bahan pada sebuah wadah, lalu aduk hingga tercampur.
  2. Lalu oleskan ramuan tersebut dengan arah pertumbuhan bulu ketiak yaitu dari bawah keatas.
  3. Setelah mengoleskan, diamkan selama 15 menit.
  4. Lalu gunakan kain yang bersih untuk membersihkan pasta yang menempel pada ketiak. Caranya digosokan dengan berlawanan arah pertumbuhan bulu ketiak.
  5. Setelah bersih, cuci ketiak dengan air dingin. Tunggu hingga ketiak kering.
  6. Setelah ketiak kering, ambil baby oil atau minyak zaitun, gunakan untuk memijat kulit ketiak.

Lakukan 2-3 kali dalam seminggu hingga bulu ketiak hilang.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan bulu ketiak, cara menggunakan pepaya ini dapat membuat halus dan memutihkan kulit daerah ketiak.

#5. Ramuan gula, lemon dan madu
Ketiga bahan ini menjadi cara alami yang dapat dikatakan paling efektif dan cukup cepat untuk merontokkan bulu ketiak. Tetapi dalam mencoba cara ini, akan terasa sedikit sakit sebab bulu akan diusahakan untuk tercabut.

Bahan yang perlu disiapkan:
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh madu
  • 3 sendok teh jus lemon
  • 1-2 sendok teh tepung terigu
  • Air secukupnya
  • Kain panjang untuk menggosok ketiak atau gunakan Waxing Strip

Cara membuat ramuannya:
  1. Pada mangkuk kecil, masukkan gula pasir (sebanyak 1 sendok makan)
  2. Tambahkan madu dan jus lemon. Aduk, lalu masukkan kedalam panci.
  3. Panaskan diatas kompor agar terbentuk pasta halus. Anda juga bisa menggunakan microwave selama 3 menit.
  4. Jika pasta yang jadi terlalu tebal, tambahkan sedikit air kemudian aduk perlahan.
  5. Matikan api. Lalu tuang ramuan tersebut pada mangkuk, biarkan agak berkurang panasnya.
  6. Tepuk-tepuk ketiak menggunakan tepung terigu (seperti sedang memakai bedak).
  7. Gunakan kuas untuk mengoleskan ramuan (ketiga bahan tadi) pada ketiak.
  8. Tutupi ketiak menggunakan kain panjang (waxing strip).
  9. Lalu tekan dan tarik kain ke arah yang berlawanan dengan jalur pertumbuhan rambut.
  10. Lakukan sekitar 3 kali tarikan, memang agak sakit, tapi cara ini paling cepat untuk menghilangkan bulu ketiak.

#6. Menggunakan jeruk nipis
Dimana jeruk nipis mampu untuk merontokkan bulu ketiak, hal itu karena kandungan vitamin C tinggi yang terkandung di dalamnya.

Untuk melakukannya, pertama-tama ambil buah jeruk nipis, lalu Kamu belah. Kemudian gosokkan pada kulit ketiak, dimana nantinya kulit ketiak akan terkena sari dari jeruk nipis tersebut.

#7. Menggunakan kapur sirih
Caran penggunaannya: campur 1 sendok kapur sirih dengan 2 sendok air putih, kemudian aduk hingga merata.

Setelah selesai mengaduk maka segera oleskan pada bagian kulit ketiak. Setelah itu tunggu dan biarkan sekitar 30 menit, kemudian tinggal dibersihkan, lakukan hal ini setiap 3 hari sekali.

loading...

Posting Komentar

0 Komentar