Memori Internal Smartphone Sudah Penuh? Atasi dengan 5 Cara ini

Memori-Internal-Smartphone-Sudah-Penuh?-Atasi-dengan-5-Cara-ini


Sejumlah merk smartphone dewasa ini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar, misalnya Vivo. Namun, smartphone yang sering digunakan terkadang akan lambat performanya. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh penuhnya kapasitas penyimpanan internal smartphone.

Jika kapasitas penyimpanan internal smartphone penuh, Anda bisa menyiasatinya. Cara mengakali penyimpanan internal penuh pada smartphone tidaklah rumit. Anda hanya perlu melakukan langkah pembersihan atau mengakalinya dengan beberapa langkah mudah. Untuk informasi lebih lanjut, ada baiknya jika menyimak poin-poin di bawah ini.

1. Pasang Memori Eksternal

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat memori internal hampir penuh adalah dengan menambahkan penyimpanan eksternal. Sehingga beban penyimpanan akan dibagi ke dalam 2 jenis memori. Dengan demikian penyimpanan internal tidak akan penuh secara cepat dan kinerja smartphone tidak lambat.
 

Anda perlu membedakan mana data yang seharusnya disimpan di memori internal dan eksternal. Anda bisa menyimpan aplikasi, game, dan lainnya di memori internal. Sedangkan untuk data seperti foto, dokumen, dan video ada baiknya disimpan ke penyimpanan eksternal.

2. Mengganti Penyimpanan Hasil Foto dan Video

Saat memotret atau merekam video, Anda akan kaget dengan hasilnya yang berukuran besar. Alhasil penyimpanan internal pada smartphone Anda akan cepat penuh. Bahkan terkadang smartphone tidak bisa digunakan untuk memotret atau merekam lagi karena sudah tidak ada ruang penyimpanan.

Apalagi setiap rekaman video bisa berukuran ratusan MB hingga GB. Besarnya data ini sebanding dengan kualitas kameranya, seperti yang dimiliki smartphone Vivo.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah setting penyimpanan hasil foto dan video. Anda bisa memindah hasil data yang sudah dipotret atau direkam ke dalam memori eksternal. Ini akan membuat memori internal tetap longgar. Anda juga bisa memotret dan merekam video sebanyak yang diinginkan.

3. Hapus Cache

Cache adalah sejumlah sisa data yang tidak Anda gunakan lagi. Cache biasanya ikut tersimpan di penyimpanan ketika Anda menginstall aplikasi. Tak hanya itu, cache juga ikut menempel pada penyimpanan saat Anda browsing. Bahkan saat Anda menjalankan aplikasi atau game secara online akan meninggalkan sejumlah cache pada penyimpanan. Jika cache ini dibiarkan saja, maka akan memenuhi ruang penyimpanan.

4. Buang Data yang Tidak Terpakai

Di dalam smartphone tentu saja tersimpan ribuan data mulai dari foto, dokumen, aplikasi, hingga video. Data-data ini tentu saja ada yang masih dipakai dan tidak. Untuk data yang jarang dipakai, sebaiknya dihapus agar ruang penyimpanan internal lebih longgar.

Data yang perlu dihapus terutama yang berukuran besar seperti game, aplikasi, dan video. Tak hanya itu, pesan-pesan yang menumpuk juga perlu dibuang untuk melonggarkan memori internal.

5. Bersihkan dengan Cleaner

Agar lebih mudah melonggarkan penyimpanan internal, Anda bisa menggunakan bantuan Cleaner. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang di smartphone sehingga Anda tinggal menggunakannya. Namun jika ingin lebih bersih, tak ada salahnya mengunduh cleaner lain dari Playstore. Aplikasi pembersih ini sangat efektif untuk membersihkan sampah-sampah dan data-data tak penting lainnya hingga tuntas.

Demikian beberapa cara menyiasati atau mengatasi penyimpanan smartphone yang sudah penuh. Anda bisa menerapkan langkah-langkah mudah di atas agar smartphone lancar digunakan layaknya smartphone Vivo yang baru. Dengan begitu aktivitas mengakses smartphone jadi terasa lebih menyenangkan.

Semoga informasi di atas bermanfaat.


Sumber :

  • https://www.maniakandroid.com/cara-mengatasi-ruang-penyimpanan-penuh/
  • https://id.priceprice.com/harga-hp/news/Tips-HP-Memori-Penuh-9183/
  • https://www.androidponsel.com/11765/cara-mengatasi-memori-internal-penuh/

Posting Komentar

0 Komentar