Cara Membuat Anak Disiplin dan Patuh Sejak Dini

situs parenting indonesia


Sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik anaknya dengan baik dan benar. Oleh karena itu didiklah anak anda mulai sejak dini, sehingga kelak menjadi anak yang patuh dan disiplin. Nah, untuk itulah dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat anak disiplin dan patuh sebagai berikut yang diulas oleh situs parenting indonesia:

1. Tetap Bersikap Tenang

Pada saat anda merasa kesal, maka hindari membentak atau memarahi anak ketika dia tidak mau disiplin. Soalnya, hal ini hanya akan membuat pesan positif yang anda utarakan hilang begitu saja tanpa membekas di hati anak. Karena ketika anak menangkap aura negatif dari amarah orang tuanya, maka anak hanya akan melihat bentuk emosinya saja dan tidak akan mendengarkan apa-apa yang dikatakan oleh orang tuanya itu. Maka dari itu, usahakan anda untuk tetap bersikap tenang di depan anak. 

2. Berfikir Positif

Tidak ada orang tua yang sempurna, sehingga tidak perlu membanding-bandingkan kedisipilan anak anda dengan anak orang lain seusianya. Karena setiap anak itu memiliki masa perkembangan yang berbeda-beda dan tida bisa disamaratakan. Oleh karena itu, lakukanlah hal-hal yang terbaik yang bisa anda lakukan. Jangan pedulikan seberapa beratkah anda untuk berusaha mendidik anak supaya disiplin, dan tetaplah berfikiran positif. Yakinlah bahwa anda akan mampu untuk mendidik anak sebaik-baiknya. Kalau perlu, mintalah kepada pasangan, dokter atau siapa saja yang kompeten untuk mendapatkan saran dalam mendisiplinkan anak. 

3. Ciptakan Lingkungan Yang Kondusif

Biasanya anak usia balita sedang mengalami rasa penasaran yang tidak ada habisnya serta selalu ingin mengetahui segala sesuatu yang baru bagi dirinya. Oleh karena itu, untuk mengawali dalam mendidik anak, sebaiknya hindari dari berbagai hal yang bisa mempengaruhi konsentrasi anak. Yakni dengan menciptakan lingkungan yan kondusif dan sesuai dengan kondisi anak. Misalnya, hindari ponsel, tv, atau alat elektronik lainnya yang bisa mengganggu proses pembelajaran anak.

4. Jangan Ragu Untuk Memberikan ‘Hukuman’ Pada Anak

Dengan alasan sayang pada anak, sehingga banyak orang tua yang tidak tega memberikan hukuman kepada anak yang melakukan kesalahan. Padahal pemberian hukuman ini sangat penting untuk menunjukkan ketegasan dalam mendidik anak. Namun perlu anda ingat, pemberian hukuman ini harus disesuaikan dengan kemampuan anak dan tidak boleh memberatkan. Hal ini dilakukan supaya membuat anak menjadi lebih disiplin lagi.

5. Ajarkan Pada Anak Rasa Sosial, Simpati dan Empati Sejak Dini

Manusia merupakan mahluk sosial. Sehingga manusia harus memiliki sikap sosial yang tinggi, empati dan simpati. Oleh karena itu, supaya anak anda tumbuh menjadi orang yang memiliki rasa sosial yang tinggi, maka sebaiknya ajarkanlah sedini mungkin tentang bagaimana cara menghormati orang lain, bagaimana cara menghargai pendapat orang lain, dan cara memahami lingkungan di sekitarnya. Selain itu, anda juga bisa mengajarkan anak tentang berbagi dengan sesama, dan tidak bersikap sombong terhadap orang lain.

6. Berikan Teladan Yang Baik

Sebagai orang tua tentunya harus menjadi suri tauladan yang baik bagi anak-anaknya. Karena bagaimanapun anak akan selalu meniru perilaku orang tuanya ketika di rumah. Sehingga anda harus berperilaku baik dihadapan anak, dan berikan contoh perbuatan-perbuatan baik di depan anak, supaya anak bisa mencontoh hal tersebut hingga dewasa. Misalnya, anda suka melakukan sholat di depan anak dan mengajaknya, sehingga anak pun ikutan sholat.

Posting Komentar

0 Komentar