Tips Sebelum Memilih Beli Hard Disk Eksternal

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/Sp2oATtAI8E

Ketika Anda merasa kapasitas penyimpanan komputer kurang cukup, salah satu solusinya adalah membeli hard disk eksternal. Apalagi ketika data-data yang disimpan berukuran cukup besar.

Jika Anda berencana membeli hard disk eksternal, sebaiknya pilih dulu dengan berhati-hati. Ada macam-macam merk hard disk eksternal yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran. Namun tidak semua memiliki kualitas dan fitur sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Apa saja hal-hal yang harus Anda perhatikan? Berikut di antaranya:

1. Perbedaan Jenisnya

Secara umum, ada dua jenis hard disk yaitu SSD (solid-state drive) dan HDD (hard disk drive). Keduanya berbeda dalam hal harga dan kualitas. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak dan berukuran lebih kecil daripada HDD. Selain itu SSD juga lebih cepat dalam memproses data dan lebih awet.

Namun, harga SSD akan jauh lebih mahal daripada HDD biasa. Bahkan perbedaannya bisa mencapai jutaan rupiah untuk kapasitas memori yang sama. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan kecepatan dan performa tinggi, HDD sudah cukup bagus untuk dimiliki.

2. Kapasitas Hard Disk

Tips memilih hard disk selanjutnya yaitu mempertimbangkan kapasitas. Kapasitas juga akan mempengaruhi harga hardisk eksternal yang akan Anda beli.

Ada macam-macam pilihan kapasitas, mulai dari 500 Gigabyte, 1 Terabyte, hingga 4 Terabyte. 500 GB biasanya dibanderol 500 ribuan, 1TB 700 ribu hingga 1 jutaan, dan 4TB sekitar 1 juta rupiah ke atas.

Apabila keperluan Anda hanya untuk menyimpan data-data kuliah atau pekerjaan, mungkin 500 GB sudah cukup. Akan tetapi jika untuk menyimpan data-data besar seperti desain grafis, video, atau fotografi Anda akan memerlukan kapasitas lebih besar.

3. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data dipengaruhi oleh tipe USB penghubungnya. Umumnya, USB tipe 3.0 atau 3.1 akan lebih cepat dalam memindahkan data.

Selain itu rotasi hard disk juga berpengaruh. Hard disk dengan RPM tinggi akan lebih lancar dalam pemrosesan data. Untuk pekerjaan yang menggunakan file-file besar dan butuh kecepatan tinggi, external hard disk terbaik untuk Anda yang berkisar 7200 – 10000 RPM.

4. Ketahanan

Dan terakhir adalah ketahanan. Kini semakin banyak hard disk yang memiliki fitur-fitur tambahan seperti tahan guncangan, tahan air, dan lain sebagainya. Ada pula yang memberikan bonus kantung pelindung hard disk. Pilihlah yang fitur-fiturnya membuat hard disk Anda lebih awet.

Selain hal-hal tersebut, Anda juga bisa memperhatikan review hard disk terlebih dulu sebelum membeli. Sehingga, Anda bisa mendapat gambaran hard disk mana yang terbaik untuk Anda.

Sumber:

https://www.digitaltrends.com/computing/how-to-buy-an-external-hard-drive/

https://www.idntimes.com/tech/gadget/nena-zakiah-1/tips-membeli-harddisk-eksternal/7

https://tirto.id/tips-memilih-jenis-hard-disk-eksternal-sesuai-kebutuhan-fZMQ

https://www.elektronikgadget.com/2014/08/tips-membeli-hardisk-external-yang-bagus.html

https://kumparan.com/berita-tekno/5-tips-memilih-hard-disk-eksternal-agar-tak-salah-beli-1tBOstqKavj

Posting Komentar

0 Komentar