Ingin Ekspor ke Luar Negeri? Perhatikan 3 Poin Penting Ini!


Pelaku UMKM memang harus bernapas kembang kempis selama masa pandemi seperti sekarang. Sebagian pelaku UMKM yang harus gigit jari dengan kondisi pandemi yang membuat bisnis tidak bisa berkembang, bahkan ada yang harus gulung tikar. Namun, Anda tidak boleh menyerah untuk terus mengembangkan usaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi terbaru. Jasa kirim paket ke luar negeri bisa membantu UMKM go international sebagai langkah awal ekspor komoditi atau produk ke negeri lain.

Cara Mengembangkan UMKM Go International

Tidak ada yang tidak mungkin selama Anda punya niat dan motivasi tinggi dalam menggali informasi, meningkatkan inovasi produk, menguatkan strategi pemasaran, dan membidik peluang pasar yang ada. Bila UMKM ingin mendapatkan pangsa pasar luar negeri, maka ketahui beberapa hal penting berikut :

1. Menentukan negara yang menjadi pangsa pasar

Produk yang Anda miliki harus memiliki pangsa pasar luar negeri lebih dulu agar peluang sukses di pasar internasional cukup tinggi. Coba lakukan riset tentang kondisi pasar dan ekonomi di negara tertentu sebelum Anda menentukan negara yang potensial.

Kenali regulasi di setiap negara agar Anda bisa memastikan produk diterima dengan baik, misalnya negara Singapura yang tidak memperbolehkan pengiriman daging mentah atau buah dan sayuran.

Meskipun demikian, buah dan sayuran dari Indonesia bisa masuk pangsa pasar Singapura bila memenuhi aturan yang berlaku. Tentu Anda harus memiliki dokumen wajib sebelum melakukan proses ekspor komoditi tertentu.

2. Meningkatkan kualitas produk ekspor

Supaya Anda bisa sukses merambah ke dunia internasional, selalu utamakan kualitas produk lebih dulu. Material, pengemasan hingga brand awareness tidak perlu diragukan sehingga Anda bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan yang ada di luar negeri.

3. Mengikuti pelatihan dari Kementerian

Untuk mengekspor produk dalam jumlah besar ke luar negeri, pelaku UMKM harus aktif mencari informasi yang berkaitan dengan prosedur ekspor. Pastikan Anda mengikuti pelatihan atau konsultasi dengan Kementerian Perdagangan RI, misalnya program LPEI yang mengakomodasi pelaku UMKM daerah untuk belajar tata cara ekspor, penyusunan laporan keuangan perusahaan, legalitas dan sertifikasi produk ekspor, informasi pameran atau Expo, pemasaran marketplace global, dan masih banyak informasi penting lainnya.

Dijamin perusahaan Anda yang rintis sejak awal bisa semakin berkembang sukses dan Anda bisa menjadi eksportir muda Indonesia yang sukses go international. Pastikan Anda bekerja sama dengan jasa pengiriman Singapore ke Indonesia atau sebaliknya dalam kemudahan bisnis antar negara ini.

Yuk, tingkatkan kualitas produk UMKM Anda dan dapatkan logo, kualitas dan sertifikasi usaha mulai sekarang! Jasa kirim paket ke luar negeri dalam jumlah minim bisa membantu pelaku UMKM yang ingin merambah pasar luar negeri dengan modal terbatas. Biaya pengiriman yang ringan untuk paket satu kilogram ke luar negeri, kenapa tidak? UMKM go international bukan hanya mimpi belaka, asal Anda mau terus melakukan inovasi produk di era digital, ya!

Sumber

https://money.kompas.com/read/2020/07/07/181000726/simak-3-cara-jitu-agar-pelaku-umkm-bisa-tembus-pasar-ekspor-?page=all

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5603851/cek-di-sini-cara-umkm-bisa-go-ekspor

Posting Komentar

0 Komentar