Ini Dia 4 Jenis-jenis Gitar Akustik, Kenali Sebelum Membeli, ya!

jenis gitar akustik,perbedaan gitar akustik dan elektrik,jenis gitar untuk pemula,jenis jenis gitar akustik,macam macam gitar akustik
Apakah kamu suka bermain gitar? Gitar akustik adalah salah satu alat musik yang banyak digemari. Berbeda dengan gitar biasa, alat yang satu ini mempunyai kelebihan, di antaranya suara yang dihasilkan terdengar lebih jelas dan nada-nadanya lebih mudah dijangkau dikarenakan jarak antar fret yang dekat. Nah, buat kamu yang tertarik buat punya gitar akustik atau tertarik buat mencari tempat jual gitar terbaik untuk memilikinya? Yuk, kenali dulu jenisnya biar bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Gitar Parlor punya body yang cukup mungil

Kalau kamu lebih suka gitar akustik yang nggak terlalu besar, parlor bisa menjadi pilihan tepat nih. Jika didengarkan sekilas, suaranya memang agak berbeda dengan gitar kebanyakan. Hal ini dikarenakan gitar ini cenderung lebih fokus di frekuensi middle high. Tapi inilah yang membuat pemainnya jadi punya banyak pilihan karakter dalam bermusik. Ada alasan unik kenapa gitar ini disebut parlor. Itu karena gitar ini biasanya dimainkan di dalam ruang tamu (parlor) atau teras rumah yang tujuannya buat menghibur tamu yang datang.

Gitar akustik jumbo dengan rongga suara cukup besar

Nah kalau gitar yang satu ini kebalikannya gitar parlor. Sesuai namanya, gitar ini punya body yang cukup jumbo bisa sampai 17" dan banyak dianggap sebagai gitar standar "koboi". Karena bentuknya yang besar, gitar akustik ini tidak cocok dimainkan oleh anak-anak.

Steel string guitar atau folk

Gitar ini biasa dipakai oleh para gitaris. Gitar ini dapat menghasilkan suara high-pitched yang menawan. Gitar ini tentunya lebih nyaman digenggam dengan ukuran yang cukup ramping. Hal ini juga dikarenakan ukuran neck lebih kecil jadi pas dimainkan oleh wanita atau orang bertubuh kecil. Senar gitar steel string terbuat dari baja. Jadi mungkin akan sedikit sakit saat memainkannya pertama kali. Tapi, jika kamu banyak berlatih akan jadi terbiasa kok. Gitar ini jadi salah satu gitar ideal untuk kamu yang ingin belajar bermain gitar akustik.

Gitar dreadnought dengan suara yang kuat

Dreadnought ditemukan oleh Martin pada tahun 1916. Nama gitar ini terinspirasi dari nama kapal perang Inggris. Gitar ini punya lengkung bawah yang lebar dan punya langit-langit volume sangat tinggi. Gitar ini punya suara yang cukup kuat dan treble yang jernih. Tak heran kalau gitar yang satu ini cocok dimainkan untuk lagu-lagu rock, bluegrass, hingga country. Body dan leher gitar ini juga tergolong besar. Jadi, tidak terlalu cocok dimainkan untuk anak kecil.

Nah, itu dia jenis-jenis gitar akustik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dari keempat gitar yang sudah kita bahas tadi, kira-kira yang mana nih gitar yang paling cocok buat kamu?

Posting Komentar

0 Komentar