Tahapan dalam Membangun Gedung Bertingkat

sistem keamanan gedung,sistem keamanan gedung dari kebakaran,sistem pengamanan gedung

Menemukan bangunan yang memiliki lantai banyak kini sudah tidak sulit lagi dilakukan, apalagi di kota besar. Biasanya gedung-gedung yang identik dengan julukan pencakar langit ini sudah dilengkapi juga dengan sistem keamanan gedung yang menunjang operasional sehari-harinya.

Namun, pernahkah kamu membayangkan proses dari pendirian bangunan bertingkat tersebut? Di artikel ini, akan dibahas mengenai langkah apa saja yang dilakukan untuk membangun gedung yang bertingkat. Simak terus sampai habis, ya!

Proses Pembangunan Gedung Bertingkat

Memiliki beberapa perbedaan dengan bangunan lain, inilah beberapa hal yang harus dilakukan pada proses pendirian bangunan bertingkat.

Perencanaan dan Anggaran

Hal pertama yang dilakukan tentu saja adalah merencanakan hal-hal yang terkait dengan gedung yang akan dibangun. Tahap ini biasanya cukup memakan waktu, karena perlu banyak pertimbangan. Misalnya, izin dari pihak penataan tata kota, pembebasan tanah, dan hal-hal yang bersifat perizinan lainnya.

Penganggaran juga tidak kalah pentingnya. Hal ini untuk memastikan proses pembangunan berjalan dengan lancar. Sehingga pembuatan gedung akan selesai sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Pembuatan Pondasi Bangunan

Sebagaimana bangunan lain, pondasi merupakan hal pertama yang dikerjakan. Namun, ini akan sedikit spesial, mengingat adanya bangunan yang ‘bertumpuk’, sehingga kedalaman pondasi, material yang digunakan, ataupun kekerasan tanah menjadi faktor yang benar-benar diperhatikan jika ingin bangunan bertingkat ini mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa proses lain yang terkait dalam pengerjaan pondasi bangunan ini, misalnya pengurugan pondasi, pemadatan sampai benar-benar menjadi pondasi yang matang, dan lain sebagainya.

Pendirian Konstruksi Dasar

Setelah proses pengerjaan pondasi selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah pemasangan kerangka atau ‘tulang’ bangunan. Material yang biasanya digunakan dalam tahap ini adalah beton. Harus dipilih dari kualitas yang terbaik dan ukuran yang presisi sesuai kebutuhan jika memang ingin menghasilkan bangunan yang kuat dan tahan lama.

Pengerjaan Lantai

Bukan semata-mata untuk estetika, peran pengerjaan lantai pada bangunan bertingkat juga sangat vital untuk kenyamanan bangunan. Jika lantai tidak dipasang dengan tepat sesuai dengan perencanaan, tentu rasanya sangat tidak nyaman sekali, bukan?

Selama proses pengerjaan lantai, pastikan material yang digunakan memenuhi beberapa kriteria, misalnya tidak terdapat retakan atau cetakan yang bergelombang, dipasang dengan rapi sesuai dengan rancangan awal, dan sebagainya.

Pemasangan Aliran Listrik

Setelah seluruh elemen bangunan selesai didirikan, langkah selanjutnya adalah pemasangan instalasi listrik. Jika direncanakan dengan baik, harusnya di gedung bertingkat sudah menentukan dimana lokasi tiap komponennya diletakkan, seperti posisi stopkontak, panel listrik, saklar, dan lain sebagainya.

Hindari komponen yang tidak sesuai dengan standard, karena dalam jangka panjang hal ini bisa berbahaya, resiko kebakaran misalnya. Listrik yang telah terpasang seluruhnya biasanya akan dilakukan tahap uji coba, untuk memastikan bahwa seluruh komponen bekerja dengan semestinya.

Jadi sudah jelas, bukan? Gedung bertingkat yang berdiri kokoh itu ternyata memiliki proses yang kompleks dalam pembuatannya!

Posting Komentar

0 Komentar